Aplikasi Manajemen Pendakian Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum
DOI:
https://doi.org/10.34148/teknika.v11i3.514Keywords:
Android, Gunung Panderman - Buthak, Metode Scrum, QR CodeAbstract
Pos Pendakian Gunung Panderman-Buthak merupakan pos pendakian yang mengelola dua jalur pendakian sekaligus, yaitu Gunung Panderman dan Gunung Buthak. Jalur pendakian tersebut selalu menarik minat para pendaki, di mana terlihat dari rata-rata pendaki yang melakukan pendakian mencapai 1.200 orang per bulan. Pos pendakian Gunung Panderman-Buthak dikelola oleh masyarakat sekitar, sehingga untuk memperoleh informasi pendakian harus langsung menuju kesana. Selain itu, terdapat beberapa masalah seperti pendaki yang mendaki melalui jalur ilegal, memetik bunga edelweiss, maupun pendaki yang tersesat. Penelitian ini bertujuan untuk merancang Aplikasi Manajemen Pendakian Gunung Panderman-Buthak Berbasis Android Menggunakan Metode Scrum sehingga dapat membantu pihak pengelola pendakian maupun pendaki. Penggunaan metode Scrum bertujuan untuk menghasilkan aplikasi yang sesuai dengan kebutuhan karena metode Scrum merupakan metode berkolaborasi antara peneliti dengan pihak pengelola pendakian. Dalam penelitian ini digunakan pengujian sistem Blackbox Testing, dimana sistem ini akan diuji secara fungsionalitas dan sesuai dengan kebutuhan. Dengan aplikasi ini, untuk proses check in dan check out pendakian cukup menggunakan QR Code pendaki. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa aplikasi yang telah dibangun sesuai dengan kebutuhan pihak pengelola pendakian, dan dapat membantu pendaki dalam pendakian.
Downloads
References
D. R. Prehanto, Buku Ajar Konsep Sistem Informasi. Surabaya: Scopindo Media Pustaka, 2020.
A. Sansprayada and K. Mariskhana, “Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Tiket KRL Dengan QR Code Berbasis Android,” Jurnal Inovasi Informatika, vol. 5, no. 2, pp. 183—194, 2020.
E. P. Harahap, U. Rahardja, and M. Salamuddin, “Aplikasi Panduan dan Pembayaran Tiket Masuk Mendaki Gunung Menggunakan Metodologi Sistem Multimedia Luther-Sutopo,” SATIN - Sains dan Teknologi Informasi, vol. 4, no. 2, pp. 9—16, 2019.
N. Ruseno, “Implementasi Scrum pada Pengembangan Aplikasi Sistem Reservasi Online Menggunakan PHP,” Jurnal Gerbang, vol. 9, no. 1, pp. 8—15, 2019.
M. Syarif and W. Nugraha, “Pemodelan Diagram UML Sistem Pembayaran Tunai Pada Transaksi E-Commerce,” Jurnal Teknik Informatika Kaputama (JTIK), vol. 4, no. 1, pp. 64—70, 2020.
M. Cahyono, “Implementasi Sistem Informasi Pendaftaran Online Pendakian Gunung Lawu Berbasis Web Mobile,” Prosiding Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENATIK), vol. 3, no. 1, pp. 205—213, 2020.
A. Mubarak, “Rancang Bangun Aplikasi Web Sekolah Menggunakan UML (Unified Modeling Language) dan Bahasa Pemrograman PHP (PHP Hypertext Preprocessor) Berorientasi Objek,” JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 2, no. 1, pp. 19—25, 2019.
H. Dhika, N. Isnain, and M. Tofan, “Manajemen Villa Menggunakan Java Netbeans Dan MySQL,” IKRA-ITH INFORMATIKA, vol. 3, no. 2, pp. 104—110, 2019.
E. Lumba, “Pertukaran Data Pada Android Menggunakan Java Script Object Notation (JSON) Dan REST API Dengan Retrofit 2,” Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST), pp. 118—121, 2021.
T. Hidayat and M. Muttaqin, “Pengujian Sistem Informasi Pendaftaran dan Pembayaran Wisuda Online menggunakan Black Box Testing dengan Metode Equivalence Partitioning dan Boundary Value Analysis ,” Jutis (Jurnal Teknik Informatika) , vol. 6, no. 1, pp. 2252—5351, 2018.